Resmi Mendaftar ke KPU, Pasangan Roberto Diogo-Martinus Wodon Siapkan 17 Program Unggulan

Rabu, 28 Agustus 2024 - 19:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, MAUMERE -Fransiskus Roberto Diogo-Martinus Wodon dengan nama paket (ROMANTIS) optimis akan mengejar ketertinggalan Kabupaten Sikka dibidang pendidikan, kesehatan, kelautan perikanan, pertanian serta pariwisata dan lainnya dengan cara mengubah cara hidup masyarakat Kabupaten Sikka.

Demikian disampaikan saat persiapan hendak melakukan pendaftaran dirinya ke Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Sikka yang di awali dengan menggelar deklarasi di Kantor Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Sikka di Jalan Wairklau-Maumere, Selasa, 27/08/2024.

Dalam pidato singkatnya itu yang dihadiri pengurus dari ketiga partai pengusung yakni PDIP, Partai Demokrasi dan Partai Perindo dan juga ratusan pendukung dan simpatisan ia menukil berbagai poros persoalan kebutuhan masyarakat Kabupaten Sikka terkait hak-hak dasar yang selama ini tengah dikerjakannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dibidang pendidikan bahwa bantuan pendidikan dan beasiswa terhadap mahasiswa yang sudah ia buktikan selama memimpin Kabupaten Sikka ini ia bertekad akan lebih melebarkan sayap jatah penerima bantuan itu mulai dari putra putri warga masyarakat Kabupaten Sikka yang berada di bangku sekolah, termasuk SLTA (SMA/Madrasah Aliyah (MA) maupun SMK, dengan prioritas utama pada masyarakat Kabupaten Sikka dengan kategori kondisi ekonomi keluarga yang berpenghasilan rendah.

“Biaya pendidikan akan kami gratiskan mulai dari SLTA hingga mahasiswa lebih dari periode kemarin,” ujar Robi.

Sebelumnya, kata Robi dirinya sebagai Bupati Sikka telah menerobos itu dengan mencanangkan pemenuhan hak-hak dasar untuk warga masyarakat Kabupaten Sikka sebagai program unggulan dan telah dikerjakan periode lalu

“Sehingga diperiode yang lalu kita tekankan pemenuhan hak-hak dasar karena hak-hak dasar itu penting, saya sudah pelajari di berbagai negara-negara maju,” imbuh Robi, Bupati Petahana dalam pidato politiknya.

Mantan Bupati Sikka ini pula sedikit menyentil salah satu negara yang menjadi contoh, dimana kata dia salah satunya adalah Negara Belanda yang telah mampu keluar dari kebiasaan cara hidup lama sehingga kini telah menjadi negara yang begitu maju.

Baca Juga :  Pilkada 2024 Kian Dekat, Ini Harapan Bupati Kaimana Freddy Thie

Tidak menuntut kemungkinan kata Robi Kabupaten Sikka pun akan maju kalau warga masyarakat Kabupaten Sikka mau merubah cara kerja selayaknya cara kerja yang dicanangkan di beberapa negara maju.

Kabupaten Sikka hemat dia akan mampu kearah itu menjadi Kabupaten yang maju jika dirinya bersama Martinus Wodon terpilih di lima tahun pertama ini.

“2045 Indonesia akan menjadi Negara Maju termasuk Kabupaten Sikka. Kita punya 21 tahun lagi, 5 tahun pertama ini saya bersama Pak Martinus Wodon lagi-lagi akan mengerjakan dan lebih memantapkan hal yang berkaitan dengan pemenuhan hak-hak dasar rakyat walaupun 5 tahun yang lalu sudah dimulai,” tekat kedua pasangan Romantis ini.

Dibidang kesehatan Robi memastikan bahwa selama ia dan pasangannya (Romanus Woga, Red) memimpin telah terbukti tidak ada satu warga pun yang tidak mampu berobat.

“Selama kami memimpin tidak ada satu wargapun yang jika sakit tidak bisa berobat, kartu Sikka Sehat (KSS) dan bentuk-bentuk bantuan yang lain itu kami bersama Pak Martinus Wodon kedepan kita pastikan dan harus berikan perlindungan,” terang Robi.

Di bidang pertanian kata dia kesejahteraan petani seperti distribusi bibit unggul dan peningkatan akses pasar di Kabupaten Sikka akan lebih ditingkatkannya.

Begitu pula dalam bidang kepariwisataan, dimana pengembangan pariwisata di Kabupaten Sikka perlahan maju, termasuk nantinya disektor pariwisata melalui promosi destinasi wisata seperti Taman Wisata Alam Laut Teluk Maumere akan lebih ditingkatkan untuk menarik minat para wisatawan masuk ke kota Maumere Kabupaten Sikka.

Baca Juga :  Peringati Hari Jadi Ke-72, IDI Kepulauan Sula Gelar Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis

Hal demikian sepemahaman dan sejalan dengan pasangannya kali ini yakni Martinus Wodon yang kerap disapa Martin (calon wakil Bupati Sikka), dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimiliki di sektor kepariwisataan.

Dibidang lain, seperti Kelautan dan perikanan Robi mengungkap begitu banyak kekayaan hasil laut Kabupaten Sikka ribuan spesies dengan hasil tangkapan nelayan masyarakat Kabupaten Sikka akan mampu menongkat pendapatan daerah.

“Saya biasa menyelam dan sering dapat bibit lobster dibeberapa tempat sekitar lautan Sikka, artinya ini peluang besar kalau bibit-bibit lobster itu kita manfaatkan dengan baik,” papar Robi.

Untuk diketahui 17 program unggulan yang akan diperjuangkannya untuk masyarakat Nian Tana Sikka oleh Pasangan Romantis ini diantaranya;

1. Kartu Sikka Sehat (KSS)
2. Beasiswa Prestasi dan Bansos Semester Akhir untuk seluruh Mahasiswa D1, D2, D3, S1, S2, S3 dan Mahasiswa Kedokteran (Dokter umum dan Dokter spesialis serta Dokter Hewan)
3. Bantuan untuk Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Ketrampilan serta Kursus Ketrampilan
4. Beasiswa dan bantuan pendidikan untuk Siswa-siswi SLTA/SMK dari keluarga yang berpenghasilan rendah
5. Jaminan Keselamatan Kerja bagi Pekerja Rentan Kecelakaan Kerja : Petani, Nelayan, Kaum Buruh, Sopir, Ojek, Petani Iris Moke, Kondektur dan pekerja lainnya
6. Bantuan Rujukan orang sakit
7. Bantuan Biaya Pemulangan Jenazah
8. Dukungan Rumah Singgah Kebaikan untuk Warga Kabupaten Sikka yang membutuhkan pelayan kesehatan diluar Kabupaten Sikka
9. Pemasangan meteran listrik dan air bagi masyarakat berpenghasilan rendah
10. Pembangunan rumah layak huni bagi seluruh keluarga yang tidak mampu
11. Peningkatan infrastruktur dasar (jalan, air, listrik dan jaringan telekomunikasi)
12. Bantuan dan kerjasama sertifikasi tanah masyarakat
13. Penguatan usaha mikro, kecil dan menengah
14. Peningkatan bantuan sarana/prasarana produksi pertanian dan perikanan (penataan dan pengolahan lahan, bantuan pupuk dan bibit unggul, bantuan alat tangkap nelayan dan rumponisasi)
15. Kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk Riset, Inovasi Daerah dan menciptakan berbagai produk sebagai lapangan pekerjaan bagi mahasiswa dan masyarakat
16. Pengembangan Pariwisata sebagai sektor unggulan
17. Mempercepat digitalisasi ekonomi dan pelayanan publik serta investasi di Kabupaten Sikka

Baca Juga :  NasDem Resmi Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

“Ke 17 program itu merupakan program yang menjadi prioritas sebab sangat bersentuhan langsung dengan keadaan warga masyarakat Kabupaten Sikka,” terangnya.

Senada dengan itu dengan begraun Martinus Wodon yang makan garam tentang kepariwisataan ia berkomitmen akan menjadikan sektor pariwisata menjadi sektor unggulan sehingga segala destinasi dan objek-objek wisata yang begitu banyak di Kabupaten Sikka akan dilakukannya pengembangan sehingga pariwisata akan menjadi ujung tombak pendapatan masyarakat itu sendiri.

“Objek wisata kita begitu banyak, keindahan alam yang begitu indah terutama teluk Maumere yang merupakan salah satu tempat menyelam terindah yang ada di Indonesia,” pungkas Martin dalam Konferensi Pers dihalaman depan Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Sikka usai melakukan pendaftaran pasangan keduanya sebagai Cabup-Cawabup pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sikka periode 2024-2029.

Ia berkomitmen bersama pasangannya akan membuktikan potensi-potensi di bidang pariwisata di lima tahun kedepan jika terpilih.

Dengan digandeng orang hebat di Sikka Martin meyakini Sikka akan mencapai titik puncak kejayaan kedepan sehingga brand pariwisata semisal teluk Maumere yang akan di sulap menjadi brand Ambasador untuk pariwisata Sikka.

“Kalau budaya dimana-mana punya, pun kita punya tapi teluk Maumere merupakan keindahan alam yang tidak di miliki dimana-mana, hanya ada di Maumere, Kabupaten Sikka,” tutupnya.(FAIDIN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : FAIDIN
Editor : YULIANA
Sumber :

Berita Terkait

Bupati Freddy Thie Apresiasi Peran PGRI dan Guru Dalam Memajukan Pendidikan di Kaimana
Soroti Pembangunan di Halsel, Sefnat Tagaku : Masyarakat Harus Merenungi Untuk Pilih Pemimpin
Bem Unipas Pulau Morotai Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024
Optimis Menang di Pilkada Bursel, Partai Ummat Beri Rekomendasi ke Safitri – Hempri
Pemkab Kaimana Gelar Simulasi CAT CPNS 2024, Ini Pesan Bupati Freddy Thie
Bupati AFU Resmikan Gedung Terminal Penumpang Pelabuhan Waisai
Bupati Freddy Thie Harap Pelayanan Transportasi Berjalan Baik di Kaimana
Hasil Survei Pilwako Ternate: Paslon Santrani-Bustamin Unggul

Berita Terkait

Kamis, 19 September 2024 - 09:59 WIB

Anas Urbaningrum: Milad Kahmi Ke – 58

Rabu, 18 September 2024 - 23:21 WIB

Jokowi Soal Kaesang Sambangi KPK: Semua Sama di Mata Hukum

Rabu, 18 September 2024 - 23:02 WIB

Ketua MPR Bamsoet: Indonesia Tidak Terikat Ideologi Asing Negara Adikuasa

Senin, 16 September 2024 - 20:46 WIB

Munaslub Kadin Indonesia Ilegal, Arsjad Rasjid Akan Tempuh Jalur Hukum

Senin, 16 September 2024 - 19:50 WIB

JAPNAS PW Papua Barat Dukung Hasil Munaslub KADIN 2024

Minggu, 15 September 2024 - 23:51 WIB

Munaslub Kadin Indonesia: Anindya Bakrie Terpilih Jadi Ketum

Minggu, 15 September 2024 - 21:18 WIB

Peran Heru Sebagai Kasetpres Dinilai Perlu Untuk Momen Serah Terima Jabatan Presiden

Sabtu, 14 September 2024 - 17:34 WIB

Cagub Jawa Barat Dedi Mulyadi Dukung Penataan Kawasan Wisata Puncak

Berita Terbaru

Nasional

Anas Urbaningrum: Milad Kahmi Ke – 58

Kamis, 19 Sep 2024 - 09:59 WIB

Nasional

Jokowi Soal Kaesang Sambangi KPK: Semua Sama di Mata Hukum

Rabu, 18 Sep 2024 - 23:21 WIB

happy-bus.id