Pemilihan Ketua-Wakil BemFak Hukum UNIPA Maumere, Perlawanan Semester 3 & Semester 5

Rabu, 23 Oktober 2024 - 22:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, SIKKA – Dekan Fakultas Hukum Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere, Gerpatius Portasius Mude, SH., MH mengatakan agar mahasiswa tidak berangan-angan lebih jauh dan memulai perubahan pada hal-hal yang sederhana terlebih dahulu.

“Jangan dulu berangan-angan untuk merubah dunia, tetapi mulailah merubah hal-hal yang paling sederhana,” ujar Gerpatius Portasius Mude, Dekan Fakultas Hukum UNIPA saat memberi sambutan dalam momen pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEMFAK) Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Periode 2024-2025 pada Rabu, 23/10/2024 di Aula Auditorium Nawacita Nusa Nipa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menjelaskan, BEM dan Badan Legislasi Mahasiswa (BLM) Fakultas Hukum merupakan perpanjangan tangan dari para mahasiswa Fakultas Hukum dalam memperjuangkan kemajuan, kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Sehingga kata dia, agar sekiranya pemilihan Ketua dan Wakil BEMFAK Hukum Universitas Nusa Nipa Maumere oleh mahasiswa Hukum sendiri dapat dimaknai sebagai sebuah upaya dalam proses pengimplementasian demokrasi.

“Gunakan hak pilih kalian sebagai mahasiswa Fakultas Hukum, dimana agar hal demikian dimaknai sebagai implementasi dari demokrasi,” pinta dia.

Sementara, mengenai pemilihan BEMFAK Hukum tersebut ia menukil bahwa siapapun yang akhirnya terpilih tentunya akan ada kerja sama kedepan.

“Siapapun yang nantinya akan terpilih sebagai Ketua dan Wakil (BEMFAK, red) nanti adalah sahabat kita, dan tentunya kita akan bekerja sama,” tutupnya.

Baca Juga :  Penemuan Mayat Bayi Menggegerkan Grati Pasuruan, Diduga Dibuang Orang Tuanya

Senada dengan itu, ketua panitia pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Nusa Nipa, Ferdi mengatakan bahwa BEM Fakultas Hukum memiliki peranan penting dalam menyuarakan aspirasi mahasiswa.

Termasuk kata dia mengadakan berbagai kegiatan seperti seminar hukum, diskusi publik, pelatihan, dan kegiatan sosial yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang hukum serta membangun jejaring antar mahasiswa dan pihak eksternal.

“Organisasi ini biasanya memiliki struktur kepengurusan yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan beberapa departemen yang menangani bidang-bidang tertentu, seperti advokasi, pendidikan dan pengabdian masyarakat,” jelas Ferdi.

Berbagai kegiatan-kegiatan BEM Fakultas Hukum setidaknya kata dia dimungkinkan adanya partisipasi dan peningkatan peran mahasiswa dalam menghidupkan kampus yang kemudian bisa di implementasikan di tengah masyarakat.

“Saya mengapresiasi antusias dari semua mahasiswa, dimana dengan semangat memberikan hak pilih sesuai dengan hati nurani yang Luber,” kata Ferdi, meski hemat dia bahwa dalam pemilihan BemFak Hukum tersebut ada dinamika.

Ia melanjutkan, terhadap berbagai dinamika yang terjadi hari itu, setidaknya kata dia hal demikian warna dari demokrasi dalam tataran mahasiswa, dimana merupakan proses pendewasaan dalam berorganisa.

Baca Juga :  AMANAT Langkat Gelar Deklarasi Tolak Narkotika, Kapolres: Harapkan Kegiatan Ini Bukan Sekedar Formalitas

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Dekan, Wakil Dekan, Ka. Prodi, Sekpro juga Bapa Ibu Dosen Fakultas Hukum yang selalu memberi dukungan, motivasi serta kepercayaan kepada panitia dalam pesta Demokrasi Fakultas Hukum,” ungkap dia.

Sementara, ia pun menyampaikan terima kasih kepada semua rekan-rekan mahasiswa yang sudah memberikan hak suara kepada 3 paslon.

“Kami dari panitia juga menyampaikan permohonan maaf atas tutur kata dan perbuatan kami yang tidak berkenan. Kami mohon dimaafkan,” imbuh dia mengevaluasi diri dan rekan panitia lainnya.

3 Paket Kandidat Calon

Untuk diketahui, kandidat calon Ketua dan wakil ketua Bemfak Hukum UNIPA Maumere, diantaranya; Paslon Hipolitus Samuel Laka sebagai calon ketua BEMFak, berpasangan dengan Eduardus F. Sutanto calon wakil.

Kemudian, Paslon berikut, Petrus Lado Nong Makin sebagai calon ketua BEMFak, berpasangan dengan Aloisius Nong Wale calon wakil.

Sementara, Michelson Moa Popi sebagai calon ketua BEMFak, berpasangan dengan Agustino Resan Wakhe sebagai calon wakil.

Dari ketiga Paslon tersebut, tertunya ketiga Paslon ini diketahui persaingan antara mahasiswa semester tiga satu paket melawan mahasiswa semester lima 2 paket dengan perolehan suara sebagai berikut;

Paslon nomor urut 1, yakni; Hipolitus Samuel Laka sebagai calon ketua BEMFak, berpasangan dengan Eduardus F. Sutanto calon wakil. Keduanya merupakan mahasiswa semester lima.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bireuen Minta Kontingen Bireuen Fokus Dalam Menghadapi PORA Di Pidie

Paslon dengan nomor urut 2, yakni; Petrus Lado Nong Makin sebagai calon ketua BEMFak, berpasangan dengan Aloisius Nong Wale calon wakil, dimana paslon keduanya merupakan mahasiswa semester tiga.

Sementara, Paslon dengan nomor urut 3, Michelson Moa Popi sebagai calon ketua BEMFak, berpasangan dengan Agustino Resan Wakhe sebagai calon wakil yang keduanya adalah merupakan mahasiswa semester lima.

Perolehan Suara

Dari komposisi Paslon yang ada dengan rincian perolehan suara sebagai berikut;

Paslon nomor urut 1 : 35 suara
Paslon nomor urut 2 : 56 suara
Paslon nomor urut 3 : 51 suara

Sementara, untuk diketahui, jumlah pemilih keseluruhan dalam pemilihan Ketua dan wakil BemFak Hukum UNIPA Maumere, yaitu; 266 pemilih yang kemudian hanya dihadiri 144 pemilih. Sementara, jumlah surat suara yang disiapkan sebelumnya 270 lembar surat suara.

Dari perolehan suara diatas Ketua dan wakil BemFak Hukum diperoleh oleh perwakilan mahasiswa semester 3 (paslon nomor urut 2), yakni; Petrus Lado Nong Makin sebagai Ketua BEMFak dan Aloisius Nong Wale Wakil dengan perolehan suara sebanyak 56, selisih 5 suara dari Paslon nomor urut 3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : FAIDIN
Editor : AMIN
Sumber :

Berita Terkait

Jelang Pilkada, Walikota Tidore Minta Camat Jaga Kondusifitas Wilayah
216 Pegawai PPPK Kota Tidore Ikut Orientasi Tahun 2024
Membangun Politik yang Bersih Sehat & Jujur
Daulat Energy: PLN Butuh 3 Wakil Direktur Utama untuk Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Bawaslu Halsel Gelar Kegiatan” Gerakan Perempuan Mengawasi 
Posko Relawan JAMMAN JHOs Halsel di Resmikan Oleh Paslon HAS 
Gawat Kepala Kemenag Halut, Arahkan Pegawai Pilih Paslon Gubernur nomor Urut 4
Oknum Guru di Halsel, Diduga Aniaya Siswa Sampai Babak Belur

Berita Terkait

Rabu, 23 Oktober 2024 - 22:11 WIB

Pemilihan Ketua-Wakil BemFak Hukum UNIPA Maumere, Perlawanan Semester 3 & Semester 5

Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:42 WIB

Jelang Pilkada, Walikota Tidore Minta Camat Jaga Kondusifitas Wilayah

Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

216 Pegawai PPPK Kota Tidore Ikut Orientasi Tahun 2024

Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:27 WIB

Membangun Politik yang Bersih Sehat & Jujur

Rabu, 23 Oktober 2024 - 07:53 WIB

Bawaslu Halsel Gelar Kegiatan” Gerakan Perempuan Mengawasi 

Rabu, 23 Oktober 2024 - 07:53 WIB

Posko Relawan JAMMAN JHOs Halsel di Resmikan Oleh Paslon HAS 

Selasa, 22 Oktober 2024 - 16:46 WIB

Gawat Kepala Kemenag Halut, Arahkan Pegawai Pilih Paslon Gubernur nomor Urut 4

Selasa, 22 Oktober 2024 - 16:46 WIB

Oknum Guru di Halsel, Diduga Aniaya Siswa Sampai Babak Belur

Berita Terbaru

Daerah

216 Pegawai PPPK Kota Tidore Ikut Orientasi Tahun 2024

Rabu, 23 Okt 2024 - 19:37 WIB

Teraju

Papua Bukan Tanah Kosong

Rabu, 23 Okt 2024 - 19:30 WIB

Daerah

Membangun Politik yang Bersih Sehat & Jujur

Rabu, 23 Okt 2024 - 19:27 WIB