DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA– Ombudsman mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi layanan publik agar tidak hanya menjadi penerima manfaat, tetapi juga bagian dari pengawasan demi perbaikan kualitas pelayanan.
Dalam kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Ma’Rifatullah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/3), Anggota Ombudsman Hery Susanto menekankan pentingnya kesadaran kolektif bahwa masyarakat memiliki peran dalam pengawasan layanan publik.
“Dengan berani menyuarakan pendapat, kita ikut menciptakan perubahan nyata,” ujar Hery dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.
ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
Hery menegaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam mengawasi layanan publik sejalan dengan tema Safari Ramadhan kali ini, yakni “Masjid sebagai Pengawas Publik.”
Ia menjelaskan bahwa konsep pengawasan oleh masyarakat telah ada sejak masa Kekhalifahan Utsmaniyah, di mana lembaga serupa Ombudsman berperan dalam memastikan keadilan sosial.
Hery juga mengakui bahwa masih banyak masyarakat yang belum memahami keberadaan Ombudsman serta tugasnya.
“Kami hadir untuk memastikan bahwa pelayanan publik berjalan sesuai standar yang ditetapkan, dan masyarakat memiliki hak untuk mengawasi serta melaporkan jika terjadi penyimpangan atau maladministrasi,” jelasnya.
Lebih lanjut, ia menekankan bahwa pengawasan terhadap pelayanan publik bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab setiap individu dalam masyarakat.
Oleh karena itu, menurutnya, masjid dapat berperan sebagai pusat kegiatan masyarakat, tempat berkumpul, berdiskusi, serta mengawasi jalannya pelayanan publik.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.Penulis | : TIM |
Editor | : BIM |
Sumber | : BERITA AJA |
Halaman : 1 2 Selanjutnya