Jakarta, 9 Oktober 2024 – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil meraih sejumlah penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dalam ajang Gebyar Pelayanan Prima yang berlangsung di Jakarta, Selasa (8/10). Penghargaan ini menjadi bukti komitmen KKP dalam memberikan inovasi pelayanan publik yang unggul dan berdampak luas.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Annas, yang menegaskan pentingnya inovasi pelayanan publik yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. KKP menerima penghargaan “Top 5 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik” dalam kategori Keberlanjutan Tahun 2024 untuk program PUGaR (Pengembangan Usaha Garam Rakyat) dari Direktorat Jasa Kelautan. Selain itu, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak berhasil masuk dalam 10 besar kelompok kementerian dengan predikat “Pelayanan Prima”. KKP juga dianugerahi penghargaan sebagai Instansi Pembina dan Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tingkat Nasional.
Dalam sambutannya, Abdullah Azwar Annas menekankan bahwa inovasi pelayanan harus dirancang untuk memberdayakan masyarakat. Ia memberikan contoh pengalamannya sebagai Bupati Banyuwangi, di mana pengembangan pariwisata harus menguntungkan masyarakat lokal, bukan hanya investor.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
“Inovasi seperti pengembangan hotel kelas Melati, homestay, dan toko-toko sembako oleh masyarakat harus dilakukan dengan standar baik, sehingga ekonomi pariwisata dapat menggerakkan perekonomian desa,” jelas Annas.
Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Budi Sulistyo, yang mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan, menyatakan bahwa KKP terus memperkuat inovasi pelayanan publik yang berorientasi pada kesejahteraan nelayan, pembudidaya ikan, dan petambak garam. Program PUGaR adalah salah satu contoh sukses pemberdayaan petambak garam yang kini terus dikembangkan.
Penulis | : |
Editor | : |
Sumber | : |
Halaman : 1 2 Selanjutnya